Menu Utama

Sunday 1 February 2015

Sasaran Titik Pemasangan Pompa Hidrolik "Kartika" Yang Direncanakan Bila Ada Dukungan Dana

Khusus untuk daerah NTT, rata-rata di setiap desa ada sumber air yang dapat dioptimalkan pemanfaatannya dengan pemasangan pompa hidrolik. Seperti contoh beberapa tempat sebagai berikut :


1. Desa Eno Napi, Kecamatan Fautmolo, Kabupaten TTS

Desa Eno Napi, Kecamatan Fautmolo, Kabupaten TTS
Bak Penampungan dekat mata air sudah tersedia namun konstruksinya masih belum sempurna, lantainya masih bocor, dan posisinya di lembah sekitar 200 meter di bawah pemukiman penduduk sehingga perlu dialirkan ke pemukiman menggunakan pompa.

2. Kampung Meta, Desa Manufui, Kecamatan Santian Kabupaten TTS

Kampung Meta, Desa Manufui, Kecamatan Santian Kabupaten TTS
Pemukiman di ketinggian selisih 100 meteran dengan sumber air berjarak sekitar 500 meter.

3. KecamatanNungkolo, Kabupaten TTS.
Kec Nungkolo
Kecamatan Nungkolo
 Kampng di lereng Gunung Sunu yang terkenal dengan iklan “Sumber Air Su Dekat”, terdapat sumber air yang pernah dipasang pompa namun mengalami kerusakan karena perawatan yang masih belum baik dan simultan. Konstruksinya rumit sehingga sulit bagi masyarakat pedesaan untuk merawatnya.

4. Desa Nenotes dan Santian, Kecamatan Santian
Desa Nenotes
Desa Santian
Pemukiman berjarak sekitar 2 km dari sumber air dekat sungai Tumut, dengan selisih ketinggian sekitar 150 meter. Untuk melayani penduduk sekitar 130 kepala keluarga, pada musim panas tidak ada jalan lain kecuali mengambil air di sungai tersebut.

5. Sabun, Kecamatan Boking
Sabun Kecamatan Boking
Sumber air ini sekaligus sebagai tempat rekreasi namun posisinya di lembah yang jauh dari beberapa pemukiman masyarakat. Untuk masyarakat yang bermukim di posisi yang lebih rendah dari sumber air, sudah mendapatkan air yang dialirkan melalui pipa-pipa yang dipasang oleh pemerintah/LSM namun masih terbatas. Sedangkan masyarakat yang dekat namun posisinya lebih tinggi masih sangat mengharapkan uluran tangan pemasangan Pompa Ram Hidrolik.

6. Mata Air Oenino, Desa Inbate Perbatasan RI-RDTL.
Mata Air Oenino
Pada jarak 350 meter dari mata air Oenino, bermukim lebih dari 60 KK dan pada puncak tertinggi terdapat Pos Pengamanan RI-RDTL yang masih kesulitan air bersih.


No comments:

Post a Comment