Menu Utama

Wednesday 25 July 2012

PENJABARAN KATA "UDAYANA"



UDAYANA
1.         U : UTAMA (Terbaik, Unggul dan Terpenting), yaitu
Prajurit Praja Raksaka adalah prajurit yang memiliki sifat perwira/utama (tercantum dalam kode etik perwira: Budhi Bhakti Wira Utama) maksudnya, manusia atau prajurit adalah makluk yang paling utama dari seluruh ciptaan Tuhan. Sebagai makluk paling sempurna di hadapan Sang Pencipta, harus memiliki sifat-sifat utama dan terbaik, unggul serta terpenting meliputi kejujuran, keikhlasan, tanggung jawab dan tidak mementingkan diri sendiri.
 
2.         D : DHARMA (Kebenaran), yaitu
Prajurit Praja Raksaka dalam melaksanakan tugas pokok wajib berpedoman pada kebenaran, hukum dan aturan yang berlaku sesuai Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

3.   A : ANG, UNG dan MANG (Pencipta, Pemelihara dan Pelebur), yaitu
Prajurit Praja Raksaka sejati sebagai pengayom dan pelindung masyarakat harus mampu menciptakan dan memelihara stabilitas keamanan Bali dan Nusa Tenggara. Sebagai prajurit pejuang yang lahir dari rakyat, mengayomi dan melindungi rakyat dan pada akhirnya kembali sebagai rakyat.

4.   Y : YADNYA (Pengorbanan yang tulus ikhlas), yaitu
Prajurit Praja Raksaka dalam melaksanakan tugas senantiasa harus tulus dan ikhlas tanpa pamrih, dengan penuh cinta kasih dan rela berkorban baik waktu, tenaga, pikiran, materi bahkan jiwa dan raga.
 
5.   A : AHIMSA (Tidak membunuh), yaitu
Prajurit Praja Raksaka tidak membunuh setiap ide dan gagasan yang bersifat positif senantiasa harus berinisiatif, kreatif dan inovatif dalam setiap pelaksanaan tugas.
 
6.   N : NISKALA/SKALA (Akhirat/Dunia atau Bhatiniah/Lahiriah), yaitu
Prajurit Praja Raksaka dalam segala perilaku maupun tindak tanduk yang dilakukan harus dapat dipertanggung jawabkan di dunia (Kepada Komando) dan di akhirat (Kepada Tuhan Yang Maha Esa) serta kepada diri sendiri.
7.   A : ASTUNGKARA (Rasa syukur), yaitu
Prajurit Praja Raksaka senantiasa harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan anugerah-Nya sehingga tidak pernah mengeluh dalam setiap pelaksanaan tugas.

No comments:

Post a Comment