Menu Utama

Wednesday 1 August 2012

Profil

SEJARAH LAHIRNYA PERALATAN ANGKATAN DARAT - KODAM IX/UDY
Awal Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 sebagaimana kita ketahui bersama pada setiap Organisasi yang dibentuk untuk mencapai tujuan harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana antara lain alat peralatan guna mendukung pelaksanaan tugas dengan baik.

Sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945, para Pahlawan Bangsa dan para Pejuang selalu bangkit dan mempertaruhkan segenap jiwa dan raganya untuk mempertahankan Kemerdekaan dari ancaman pihak sekutu Belanda.   Jelaslah disini pada saat itu segala kegiatan belum dapat terkoordinir secara utuh dan terpadu, namun bermacam-macam alat Peralatan yang digunakan cukup banyak diantaranya Senjata, Munisi, Kendaraan, Zeni, Fungsi Angkutan, Alat Komunikasi serta kebutuhan Alat Kesehatan. 

Dari titik awal kegiatan tersebut pada tanggal 8 Oktober 1945 sesaat setelah dekrit lahirnya TKR (Tentara Keamanan Rakyat) di mana pada saat itu belum ditentukan pembina masing-masing bagian. Fungsi Jawatan Persenjataan tersebut sesuai perkembangan Organisasi TNI-AD yang semakin maju, tumbuh dan berkembang menjadi Organisasi yang nampak seperti dewasa ini. 

Perkembangan Organisasi pemeliharaan materiil TNI-AD ditandai dengan adanya penggabungan beberapa fungsi di lingkungan TNI AD yang terdiri dari :
1)       DUT (Dinas Urusan Tentara)
2)       DPLT (Dinas Peralatan Tentara)
3)       DTT (Dinas Teknik Tentara)
4)       DPPLAD (Dinas Pemeriksaan Peralatan Angkatan Darat)

Selanjutnya pada tanggal 1 Desember 1951 berdirilah Djawatan Peralatan Angkatan darat disingkat DPLAD, dimana sebutan tersebut berkembang dan berubah menjadi Peralatan Angkatan darat disingkat PALAD. 

Sedangkan untuk di tingkat Kotama (Kodam IX/Udayana), Peralatan Angkatan Darat sejak berdirinya sudah mengalami perubahan nama, yang mana sejak tahun 1966 sampai dengan tahun 1972 bernama Paldam XVI/Udayana, tahun 1972 sampai dengan tahun 1979 bernama Komat Kologdam XVI/Udayana, tahun 1979 sampai dengan 1983 disebut Matdam XVI/Udayana, tahun 1983 sampai dengan 1987 disebut Paldam XVI/Udayana dan sejak tahun 1987 sampai dengan sekarang disebut Paldam IX/Udayana.
PENGABDIAN 
Perwujudan pengabdian Paldam IX/Udy dalam mendukung tugas pokok TNI AD di Wilayah Kodam IX/Udy,  salah satu Satuan Non Kowil disamping mempunyai peran utama sebagai Satuan Banpur juga mempunyai tugas untuk membantu meringankan kesulitan rakyat serta meningkatkan taraf hidup rakyat yang diwujudkan dengan melaksanakan Pekan Bhakti TNI dan TMMD sesuai dengan permintaan personel yang dibutuhkan pada setiap tahun.      

Guna menciptakan rasa kebersamaan dengan masyarakat Paldam IX/Udy melaksanakan kegiatan Pekan Bhakti TNI berupa Karya Bhakti, Bhakti Sosial, Anjangsana dan Olahraga bersama dengan melibatkan anggota Komando Kewilayahan, Polri, masyarakat serta tokoh-tokohnya sehingga diharapkan melalui kegiatan Pekan Bhakti TNI tersebut bermanfaat dan berdampak positif sehingga terjalin interaksi positif yang dapat mewujudkan kemanunggalan TNI – Rakyat. 

Kegiatan pekan Bhakti TNI Paldam IX/Udy yang akan dilaksanakan bertujuan untuk :
a. Membantu kesulitan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
b. Mewujudkan kemanunggalan TNI – Rakyat.
c. Memberikan dampak positif terhadap manfaat keberadaan Satuan Paldam IX/Udy bagi lingkungannya. 
d. Memberikan interaksi positif antara pimpinan Satuan, Prajurit dengan       pimpinan instansi, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat.  

Pekan Bhakti TNI Paldam IX/Udy dilaksanakan dengan sasaran kegiatan fisik dan non fisik, meliputi kegiatan :
a. Karya Bhakti.
  • Pembuatan/perbaikan jalan.
  • Pembuatan/perbaikan rumah ibadah.
  • Sasaran lain yang bersifat untuk kepentingan umum.
b. Bhakti sosial.
  • Pelayanan pengobatan.
  • Pelatihan untuk anak sekolah (diluar jadwal resmi sekolah).
  • Pemberian hiburan masyarakat.
c. Anjangsana dan silahturahmi kepada tokoh masyarakat serta tokoh agama.              
  • Tatap muka dengan pimpinan instansi, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, Keluarga Besar TNI dan lain-lain.
d. Olahraga bersama.
  • Olahraga Volly ball bersama.
  • Olahraga sepak bola bersama.
  • Olahraga tenis lapangan bersama.
  • Olahraga bersama lainnya yang bersifat umum.

No comments:

Post a Comment